Muslim Masih Bobo

7/22/2017 09:26:00 AM

Beberapa waktu lalu, ku pernah wawancara dengan seorang wartawan senior. Sebut saja dari media T. Kami berbincang tentang kunjungannya ke Israel beberapa waktu silam.
Kalimatnya yang amat ku ingat adalah, "Ga ada konflik kok di sana? konflik apa? wong pembangunan di mana-mana. Orang-orang berjemur di pantai, ngopi-ngopi. Paling sesekali ada serangan roket dari Hamas. Kami juga ke AlAqsa, di sana ga ada ketegangan kok. Biasa aja turisme. Orang foto-foto di sana"
Pandangan seperti ini juga pernah ku temukan dalam salah satu chanel tv mainstream Indonesia. Wisata ke AlAqsa, menyenangkan, damai, selfie, seru, dan lucu.
Pun sepertinya, pandangan seperti ini juga yang banyak mendominasi pikiran orang kebanyakan tentang Al-Aqsa: Adem, ayem, woles, tenang, dan damai.
Kenapa? Karena media berkata demikian.
Menyebalkannya, saat kondisi Al-Aqsa sedang genting saat ini, kebanyakan media mainstream justru sepi pemberitaan.
AlAqsa saat ini ditutup. Dijaga ketat. Awalnya cuma ga boleh solat jumat, sekarang ga boleh solat lima waktu. Berani menerobos? Senjata api berbicara. Lelaki, perempuan, bahkan imam besar masjid AlAqsa jadi korban luka.
Caranya sama sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Dulu, versi juru damai PBB yang katanya penegak keadilan, wilayah Israel-Palestina jadi 50:50.
Muslim masih bobo.
Eh lanjut lagi, versi juru damai Amerika yang tampil bak pahlawan, bikin wilayah Palestina tinggal Gaza dan Tepi Barat.
Muslim masih bobo.
Eh belom puas juga ternyata. Israel terus menggerogoti wilayah Palestina yang tinggal sedikit. Tepi Barat dipenuhi perumahan ilegal dan check point. Gaza dibolakade, susah air, makanan, listrik, dan tempat tinggal.
Muslim masih bobo. "Yaampun masih bobo juga? kebeneran nih. Oke lanjut," mungkin begitu kata Israel.
Sekarang giliran jantungnya: Al-Aqsa!
Sejak dulu, statusnya di bawah pengawasan Internasional. Orang Yahudi, Kristiani, dan Muslim boleh masuk dengan aturan-aturan yang telah disepakati.
Sekarang ditutup! Muslim di Palestina solat di luar pagar masjid. Bentrokan tak terelakkan.
Muslim? masih bobo.
Bobo aja terus sampe Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga ditutup.



You Might Also Like

0 komentar

Instagram