Kuli Tinta #Jurnalstory

11/04/2016 11:47:00 PM

Dalam tiap tahap kuliah di prodi ilmu Jurnalistik, aku selalu punya perspektif baru tentang dunia tersebut.

Di tahun pertama, dosen akan mengenalkan jurnalistik sebagai sesuatu yang menerangi. "Menjadi mata bagi yang tak bisa melihat, menjadi telinga bagi yang tak bisa mendengar, dan menjadi mulut bagi yang tak bisa bersuara"

terdengar seperti pahlawan bukan?

Dosen juga akan mengajarkan untuk menjadi jurnalis yang jujur. Berpihak pada kebenaran. Cover both side. Watch dog bagi pemerintah. Menjadi pilar keempat dalam sistem demokrasi, setelah legislatif, yudikatif, dan eksekutif. "Jurnalisme punya fungsi mengawasi". Kontrol sosial!

terdengar seperti pahlawan bukan?

Namun, menuju tingkat akhir, dosen mulai mengenalkan realita dunia jurnalisme sebenarnya. Muncul istilah Ekonomi Politik Media. Semua rasa kepahlawanan jurnalistik tadi hancur luluh lantak.

Duit, kekuasaan, dan ideologi. Siapa yang tak buta dengan benda berkilauan itu.

Siapa yang tak goyah ditawari headline seharga 5 Miliar, walau harus berbenturan dengan ideologi. "Ah..media juga butuh duit" katanya

Media pemberitaan jadi alat tempur. Pemenangnya yang bisa menyetir sebanyak mungkin opini masyarakat. Semua saling berebut pengaruh.

Sikap sebuah media bisa dikendalikan dengan uang. Sebentar berkata A, sebentar berkata B. Sebentar mendukung C, sebentar menjatuhkan C. Tergantung donatur yang bersedia menyokong.

Jurnalis jadi layaknya kuli tinta.

"maneh mau berita kayak gimana? sini aing buatin!" Dengan teknik pembingkaian, semua realita di lapangan bisa dibentuk sesuai permintaan.

Ah, serendah itu kah jurnalistik? 😧

Sso..buat semua orang di luar sana, yang masih menelan bulat-bulat informasi dari sebuah media. Menganggap semuanya benar. Langsung angguk-angguk saat baca berita.

Hati-hati gais..

Media tak sepahlawan itu. Tetap skeptis, kritis, dan kenali orang-orang dibalik media tersebut. Semoga di ujung sana ada kabar baik menantii!

Semangat para jurnal jurnil!!

#edisikeselsamamedia #penpunyamedia #barupunyatehjasmine

You Might Also Like

0 komentar

Instagram