Mengabadikan Gerhana Bulan

6/15/2011 11:44:00 PM

Kurang lebih jam 1 nanti akan ada gerhana bulan, katanya ini gerhana bulan terlama di abad ini, lamanya 100 menit. Komunitas Astronomi lagi pada heboh banget mengadakan acara nonton gerhana bulan bareng. Pengen ikut sih, tapi keterbatasan waktu, transportasi, izin, dan masih banyak lagi yang menghalangi saya ikut acara seperti itu. Jadi, yasudahlah dari atas genteng rumah saja seperti biasa.

11.30 (flashback)
kira-kira jam 11.30 saya terbangun. Aah, tiba-tiba pengen ngecek gimana kondisi langit sekarang, yaudah langsung aja naik keatas. Jereeng.. WOW bulan purnama menunjukan kecantikannya waktu itu, di sekitarnya banyak awan tapi tipis. Tanpa babibu langsung kebawah lagi menyiapkan segala perlengkapan. Pengen mencoba motret bulan. Pake jaket, siapin tripod, siapin kamera saya pake lensa 200mm (kalo lebih panjang hasilnya bakalan lebih keren), murnya saya kencengin dulu pake sendok, terus saya atur pencahayaannya ngikutin petunjuk ini:
Oke udah siap nih! balik lagi keatas daaan.. BLAS yang saya lihat cuma awan tebel banget! Dari yang semangat 45 langsung kecewa tingkat dewa 'Yah! cepet banget berubahnya!' . Huff.. Ya Allah hanya untuk malam ini saja. Melihat awan udah suram tebel banget kaya gitu, mana gak gerak gerak akhirnya turun lagi dengan lunglai.

12.08
Tadi abis keatas lagi, awannya kebuka bener-bener cuma untuk bulan. Keliatan banget di sekitar bulan awannya sangat tebel ada kali 5 lapis bertumpuk tumpuk. Bulannya keliatan yaudah coba di potret. CKREK! dan hasilnya hitam legam polos. -_____- krik krik. Emang dasar amatir, gak ngerti ah! apa itu buat yang pake teropong apa gimana. Lama kelamaan bulannya ketutup awan lagi dan saya kembali turun dengan lunglai.

1.06

Alhamdulillahirabbilalamiiiin... langit mulai terbuka! Bulannya terlihat jelas! Huaaaaa senangnya :D terimakasih ya Allah.. terus pake pencahayaan yang kaya di atas. Hasilnya gak sefokus fotonya kak Ray siih, tapi corak bulannya terlihat! ket : f8, 1/500s, ISO 1600
Yippiiiii... lumayanlah, kemajuan kaaan, Saya motret ditemani nyanyian nyamuk yang sukses membuat tangan dan kaki saya bentol-bentol. Karena fotonya dari genteng dan itu bidang miring, alhasil harus nahan tubuh dan kamera biar gak merosot, itu membuat kaki saya pegel-pegel sekarang. tapi gak papa! OKE sekarang siap untuk gerhana bulan! Semoga langit semakin cerah ya Allah, Aamiin :)

1.58
Gerhana bulan sedang berlangsung! Sunbhanallah... langit langsung cerah seketika, sampe bintang juga terlihat! terimakasih ya Allah, terimakasih!

2.18
Hampir total! tapi awan mulai menyerang, ya Allah cerahkan lagi.. pengen liat bulan merah.

2.31
Bulan merah yang saya idam idamkan tertutup awan ;( hiks

Setelah awalnya keliling rumah mencari tripod sampe pegel, naik turun tangga, diserang nyamuk, nahan siri sendiri biar gak merosot, melawan rasa takut akan kehadiran mahluk yang tidak diinginkan, Alhamdulillah!akhirnya jadi juga! walaupun gak sampe bulan merah karena keburu ketutup awan. Sampai saat ini, inilah karya astrofotografi terbaik yang saya miliki :)
seneng banget rasanya, walaupun belom sekeren mereka :D Hyeeeee...

You Might Also Like

0 komentar

Instagram